Jumat, 04 Mei 2012

Trik menyembunyikan file atau folder dengan command prompt


Trik menyembunyikan file atau folder dengan command prompt

Buat temen-temen yang ingin filenya tidak terlihat dan tidak bisa di buka orang lain, anda bisa menggunakan cara ini untuk menambahkan "Attribut" file menjadi super hidden. Maksud dari super hidden adalah membuat file atau folder kita menjadi seperti file system, yang tidak bisa  dilihat oleh kita bahkan oleh user admin. Sebenarnya banyak beragam yang dapat dilakukan. cara yang paling mudah dan standar yang sering orang gunakan adalah dengan cara cllik kanan pada folder tersebut pilih properties lalu beri centang pada opsi "Hidden" pada pilihan "attributes". Lalu atur pengaturan pada do not show hidden file and foldernya di centang, maka file anda sudah tidak kelihatan lagi pada jendela windows explorer.


Namun file dan folder anda akan kembali muncul apa bila "Show hidden files and folders" di centang kembali.dan akan kembali muncul juga foldernya.

Ada banyak cara lain dengan bantuan software tententu untuk mengunci drive, file atau folder. seperti "software hide folder" atau "usb safeguard atau software-software yang lain masih banyak lagi. Biasanya dengan menggunakan software tersebut user harus memasukkan password untuk dapat menyembunyikan dan melindungi file dan folder yang dimaksud.


Dan yang akan saya share kali ini adalah cara lain untuk menyembunyikan file dan folder dengan perintah command atau "cmd". Dengan cara menyembunyikan file dan folder dengan "cmd" ini, file dan folder bener-bener akan di sembunyikan dan hanya akan bisa di tampilkan kembali dengan menggunakan command prompt. Walaupun anda mencoba menampilkannya dengan "show hidden file dan folder" pada pengaturan show hidden file option. Silahkan anda mencoba sendiri, caranya sebagai berikut:
1.  Tekan Start menu, kemudian ketik "cmd" tanpa tanda kutip atau bisa dengan menekan                       combinasi "Windows + R" ketik "cmd" lalu tekan enter.


atau


2. Setelah jendela command prompt terbuka, misalkan file yang mau anda sembunyikan ada di drive C maka ketikkan "cd c:\"  apa bila di d maka ketikkan "cd d:\" tanpa tanda kutip. Disini saya akan memberi contoh menyembunyikan file dengen nama "video panas" yang ada di drive C. anda tinggal mengetikkan "c:\attrib +h +s "video panas"", kenapa saya beri tanda kutip? karena nama filenya ada spasinya, lihat gambarnya:

apa bila nama filnya hanya "video" anda bisa langsung ketik aja "attrib +h +s video.
selannjutnya kita tekan "enter" dan lihat hasilnya:

Ko belum hilang ya...?  sekarang coba anda refresh pada drive d dan file anda pun benar-benar akan tersembunyi.

Dan untuk mengembalikan file dan folder anda, tinggal rubah + menjadi - . seperti ini "attrib -h  -s "video panas". lihat gambar biar jelas.
1. d:
2. attrib -h -s "video panas"
3. file muncul dengan sendirinya.
muncul dengan sendirinya tanpa haris di refresh. Dan yang perlu anda ketahui adalah jangan sampai lupa nama file anda.
Namanya orang pasi ada lupanya, kayak saya ini sering lupa. Maka akan saya kasih tahu biar saya ga lupa terus. Caranya ketik "d:" tekan enter, lalu ketik "dir /a" dan hasilnya akan keluar semua, seperti file system dan file anda pastinya. Biar jelas lihat gambar di bawah ini:
1. d: > untuk pindah ke drive d
2. dir /a
3. file yang telah kulupakan terlihat yaitu "video panas"
4. drive d dimana file "video panas" masih hilang
Tinggal anda ketik seperti ini


Demikian trick menyembunyikan file dengan cmd, semoga bermanfaat,  dan untuk kritik dan saran silahkan comment aja di bawah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar